JAKARTA – Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono memastikan kondisi di Mimika, Papua kondusif pasca penembakan tiga pegawai PT Freeport. Apara saat tersebut telah mengamankan lokasi.

“Situasi di Mimika saat ini pasca peristiwa penembakan dalam suasana kondusif dan dapat dikendalikan oleh aparat keamanan, ” kata Argo dalam siaran langsungnya, Selasa (31/3/2020).

Saat ini, kata Argo aktivitas sudah kembali berjalan normal. Namun demikian personel gabungan dari TNI-Polri masih tetap melakukan penjagaan.

“TNI dan Polri tetap meningkatkan kecermatan dan kesiapsiagaan, ” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, tiga orang karyawan PT. Freeport di tembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Satu pekerja dinyatakan meninggal dunia dalam perihal tersebut.

Penembakan kepada ketiga karyawan PT. Freeport tersebut terjadi di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika pada Senin 30 Maret 2020 kemarin, sekira pukul 13. 50 WIT.

“Kejadian tersebut mengakibatkan 1 korban meninggal dunia atas nama Graeme Thomas Wael (WNA) (57), ” logat Argo.

Sementara itu dua karyawan lain yang turut menjadi korban adalah Jibril Ma Bahar (49) dan Ucok Simanungkalit (52). Keduanya mengalami sejumlah luka akibat tembakan.

“Jibril Ma Bahar (49) luka akibat terkena tembakan pada perut & paha bagian kanan dan Ucok Simanungkalit (52) luka pada tangan kanan dan punggung belakang, ” tuturnya.

(wal)