PEKANBARU – Jumlah pasien positif corona di Daerah Riau terus bertambah. Kali itu pasien yang positif Covid-19 berinisial AA. Pasien merupakan warga Onak, Kabupaten Bengkalis yang merupakan jamaah tabligh.

“Total total pasien yang positif di Riau tiga orang, satu sudah segar dan diperbolehkan pulang, ” sirih Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Riau, Indra Yovi kepada Okezone, Selasa (31/3/2020).

AA merupakan seorang massa tabligh di Duri. Namun, pria berusia 52 tahun ini tidak mengukuti kegiatan Tabligh Akbar di Malaysia, pada akhir Febuari 2020 seperti dua temannya. AA juga tercatat sebagai karyawan perusahaan ekplorasi minyak di Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliana Nazir mengatakan, saat ini Tim Satgas Penanganan Covid-19 Riau terus menelusuri siapa saja yang kontak dengan AA, termasuk keluarganya.

Baca juga: Berjibaku di Pusat Merebaknya Covid-19 agar Dapur Pasti “Ngebul”

“Dalam melakukan tracing, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis. Sementara tanggungan pasien kita isolasi. Pasien ini mengaku tidak mengkuti tabligh akbar, ” ucap Mimi yang menjabat Koordinator Satgas Penanganan Covid-19 Riau.

Sementara itu data terakhir, jumlah orang dalam pengawasan (ODP) menggila tajam menjadi adalah 14. 989. Di mana sehari sebelumnya berjumlah 10. 000 orang. Sementara penderita dalam pengawasan (PDP) berjumlah 109 orang.

Melonjaknya total ODP di Riau karena aliran TKI yang pulang dari Malaysia yang mencapai ribuan orang.

(qlh)