PALEMBANG – Gugus Tugas Pencegahan & Penanggulangan Covid-19 Sumatera Selatan, menyatakan kasus positif virus corona meningkat 30 hingga menjadi 84 kasus, per Sabtu (18/4/2020).

“Penambahan kasus ini baru tersebut didominasi dari Palembang sebanyak 22 kasus, kemudian OKU 3 kasus, lalu Muara Enim, OKI, OKU, Banyuasin, dan Prabumulih, masing-masing satu kasus, ” kata Juru Kata Gugus Tugas Covid-19 Sumsel, Zen Ahmad.

Ia menembahkan, pasien baru tersebut terdiri atas 16 pasien hawa kelamin dan 14 laki-laki. Sebesar kasus 26 kasus di antaranya terjadi secara transmisi lokal, 3 imported cases , dan tiga lainnya masih pada tahap pemeriksaan lebih lanjut.

“Dengan penambahan kasus tersebut total kasus kumulatif positif Covid-19 di Sumsel menjadi 84 urusan. Rinciannya, empat orang sudah sembuh dan pulang, serta tiga karakter meninggal dunia, ” katanya.

Kemudian, ada 578 orang dalam pemantauan (ODP) dan 31 orang masih bersatus pasien di pengawasan (PDP). Untuk jumlah contoh spesimen yang masih dalam penelitian di Balai Besar Laboratorium Kesehatan tubuh (BBLK) Palembang ada 86 contoh.

Menurutnya, dengan penambahan kasus yang cukup signifikan ini, tim dari Gugus Tugas Covid-19 Sumsel, mengingatkan masyarakat untuk tentu waspada. Masyarakat diminta mengikuti imbauan pemerintah untuk memutus penyebaran virus corona.

Menangkap Juga: Presiden Jokowi Ingatkan Pemda Agresif Lacak Corona

“Rutin memakai masker masa berativitas di luar rumah, kurangi kumpul atau bepergian ke tempat-tempat ramai. Lalu, istirahat yang cukup dan rajin mencuci tangan, sebab cara inilah yang paling penting untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini, ” tuturnya.

(erh)