TALAUD – Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5, 5 yang kemudian dimutakhirnya jadi M5, 3 mengguncang Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Minggu (19/4/2020) pukul 20. 09 WIB.

Gempa tersebut berlokasi di koordinat 3, 91 Lintang Utara dan 126, 24 Bujur Timur. Pusatnya di laut di dalam jarak 54 kilometer arah barat daya Melonguane, Sulawesi Utara, pada kedalaman 23 kilometer.

Kepal Seksi Keterangan dan Info Stasiun BMKG Sulut, Edward H Mengko mengatakan, secara memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, ini merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya penyesaran di Lempeng Laut Maluku.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme sesar mendatar atau strike slip fault, ” ujar Mengko dalam keterangannya.

Guncangan gempa dirasakan di Talaud pada skala III MMI dan Siau dengan skala II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan dengan ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan kalau gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, ” kata Mengko.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak termakan oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari daripada bangunan yang retak atau hancur diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan kediaman anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam sendi, ” pungkasnya

(sal)