JAKARTA – Banyaknya tenaga kesehatan tubuh yang terinfeksi virus corona ataupun Covid-19 saat merawat pasien memerosokkan Fakultas Teknik Mesin, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan donasi puak dr Adhi Nugraha dan dr Sosatya membuat alat bernama swab chamber.

Swab chamber berfungsi memisahkan kontak antara anak obat dengan tenaga medis, sehingga tak bertatap muka secara langsung, sebab terpisah dengan kaca.

Cara pemakaiannya, tenaga kesehatan masuk ke chamber dengan memasukan tangan ke dalam wadah tangan untuk melakukan swab ke pasien. Kemudian, pasien dilakukan swab dan diberi uap sterillisasi.

Baca Selalu: 1 Keluarga di Bengkulu Dinyatakan Positif Covid-19

Swab chamber hasil buatan Fakultas Teknik Instrumen ITB ini diberikan kepada RSUD Cibabat, Kota Cimahi dengan sokongan dari dr Adhi Nugraha dan dr Sonny Sosatya, Selasa (21/4/2020). Rencananya RSUD Cibabat Kota Cimahi akan menerima 4 unit swab chamber hasil buatan Fakultas Metode Mesin ITB.

Taat dr Adhi Nugraha dengan adanya swab chamber hasil donasi membangun dari Perhimpunan Fakultas Teknik Mesin ITB sangat membantu karena tenaga kesehatan di bagian dalam akan terlindungi dari baik dari droplet maupun dari udara tidak ada hubungan langsung dokter dengan anak obat. Selain itu, akan lebih tenteram.

Adhi Nugraha berharap alat swab chamber ini setelah mengalami penyempurnaan tersebut dapat disebarkan ke seluruh panti sakit rujukan Covid-19 dan laboratorium yang memeriksa swab test dalam seluruh Indonesia.

Sementara, menurut Aria Dwipajaya, Ketua Himpunan Mahasiswa Fakultan Teknik Mesin ITB dibuatnya alat swab chamber ini karena alat ini dibutuhkan oleh pihak rumah sakit. Sehingga saat lakukan swab test tidak tersedia kontak langsung antara dokter dengan pasien.

Pihaknya meronce bagaimana caranya bilik yang dibuatnya kedap udara dari luar sehingga tidak ada pertukaran udara dari pasien ke dokter. Kondisi tersebut untuk memastikan tenaga medis damai.

RSUD Cibabat Kota Cimahi juga mendapat sumbangan sebab Ikatan Dokter Indonesia Jawa Barat berupa perlengkapan alat pelindung muncul (APD).

(Ari)