MERANGIN – Di tengah Pandemi Cocid-19, Kabupaten Merangin, Jambi kembali diterpa bencana banjir. Intensitas hujan dengan tinggi mengguyur kota Bangko sejak sore hingga dini hari menyusun kota Bangko diterjang banjir.

Beberapa wilayah di kota Bangko yang diterjang banjir yakni daerah Sungai Mas, Dusun Bangko, Pasar Atas, Pematang Kandis, dan Sungai Ulak. Hampir sebelah wilayah kota Bangko lumpuh direndam banjir.

Bukan saja perumahan warga, tetapi fasilitas umum seperti rumah lara umum Bangko pun direndam banjir. Selain diakibatkan tingginya curah abu, hal ini juga disebabkan buruknya sistem drainase yang di pada kota Bangko hingga membuat tirta meluap dan menggenangi perumahan masyarakat.

Andilala salah satu warga pasar atas Bangko mengutarakan jika hal ini sangat jarang terjadi, dan selama dia susunan di Bangko baru sekarang dilanda banjir.

“Ya baru sekarang ini rumah saya dilanda banjir, bahkan bukan saja banjir namun rumah saya juga tersentuh longsor hingga pagar saya rusak” terang Andilala, Senin (18/5/2020).

Sementara itu, Hengky salah satu aktivis Merangin mengatakan, bila banjir ini selain disebabkan hujan deras juga disebabkan buruknya sistim drainase.

“Kantor KNPI ini tadi sampai kedalaman mulia meter lebih, beberapa barang tidak bisa kami selamatkan, banjir ini selain hujan deras juga dikarenakan buruknya sistem drainase yang ada di dalam kota Bangko, situasi ini juga terlihat di jalinsum sungai ulak, jalannya tergenang hingga satu meter lebih, ” sahih Hengky.

(wal)