MEDAN – Jumlah pasien meyakinkan terjangkit Virus Corona (Covid-19) dalam Sumatera Utara telah mencapai 250 orang, Rabu (20/5/2020). Jumlah tersebut bertambah 15 orang dibandingkan sehari sebelumnya.

“Bertambah 15 orang penderita Covid-19, total menjadi 250 orang, ” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pengerjaan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara, Whiko Irwan, Rabu (20/5/2020).

Whiko memaparkan, lantaran jumlah pasien positif itu, sebesar 30 orang di antaranya wafat dunia. Sementara yang sembuh menyentuh 74 orang.

“Jumlah korban meninggal dunia pada hari ini bertambah 1 orang dibandingkan kemarin. Sementara untuk pasien sehat, jumlahnya masih tetap. Tidak tersedia penambahan, ” ucapnya.

Sementara untuk penderita dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 di Sumatera Utara saat itu berjumlah 196 orang. Jumlah itu turun dibandingkan hari sebelumnya.

“PDP hari ini berjumlah 196, mengalami penurunan 8 karakter dari hari sebelumnya yakni 204 orang, ” ujarnya.

“Sedangkan untuk orang dalam pemantauan (ODP) hingga hari ini berjumlah 539 orang. Bertambah satu orang dari hari sebelumnya, ” ujarnya.

Whiko menyebutkan, pihaknya mengapresiasi masyarakat yang hingga zaman ini senantiasa menjalankan protokol kesehatan. Namun, bagi yang belum, diminta menunjukkan sikap kooperatif.

Karena selain membahayakan diri tunggal, tidak patuh pada protokol kesehatan tubuh akan menjadikan orang lain tersentuh imbas.

“Untuk itu, tak henti-hentinya kami imbau, apalagi saat Lebaran nanti, jaga muncul dengan mengikuti protokol kesehatan. Apalagi WHO sudah menyebut bahwa tidak ada yang tahu sampai surat virus ini berakhir, seperti kata dari pemerintah pusat sudah saatnya kita berdamai dengan Covid-19, ” ujar Whiko.

Baca Juga: Daya Paket Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19 di Karanganyar Didominasi Mi Instan

Berdamai dengan virus, kata Whiko, bukan berarti menyerah. Namun, melakukan penyesuaian-penyesuaian gaya hidup yang sanggup meminimalkan diri terpapar dari Covid-19.

Baca Juga: Jumlah Kasus Tentu Covid-19 di Sumsel Bertambah 49 Jadi 646

(erh)