DEPOK – Sebagai bentuk antisipasi kembalinya pemudik atau arus balik dalam tengah pandemi Corona Virus disease (Covid-19), Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok siagakan petugas disejumlah cek point yang berada di Kota Depok, Jawa Barat. Situasi tersebut dilakukan supaya penularan virus corona atau Covid-19 tidak semakin meluas.

Kasatlantas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi (Kompol) Erwin Aras Genda mengatakan aparat gabungan kepolisian bersama TNI, Biro Perhubungan dan Satpol PP Kota Depok yang berada di melihat point, nantinya akan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang akan berjalan wilayah Kota Depok menuju DKI Jakarta.

“Depok ada beberapan ceck point indah yang menggunakan Tol Jagorawi maupun arteri, di (Fly over) UI dan Jalan Raya Bogor, ” Kata Kompol Erwin kepada wartawan, Selasa (26/5/2020).

Dia menuturkan, selama masa penerapan Penyekatan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemerintah telah membuat aturan terkait pegangan hari raya Lebaran. Adapun persyaratan bagi masyarakat yang diperbolehkan menuju kampung halaman.

“Kami periksa kendaaraan dengan melintasi Depok menuju ibukota. Apakah mereka punya Surat Izin Lalu-lalang (SIKM), apabila tidak punya SIKM, maka kendaraan akan diputar balikkan ke lokasi awal berangkat, ” jelasnya.

Baca Pula: Ada Bendera Abang Putih Berlogo Palu Arit pada Kampus Unhas Makassar

Erwin menegaskan, pengetatan gelombang arus balik mudik itu bukan untuk melarang masyarakat mendalam ke DKI Jakarta melalui Depok, melainkan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 tahap kedua dari arus pulih.

“Ini bukan pembatasan masuk Jakarta tapi pembatasan secara ketat, jadi jangan salah, karena pemudik-pemudik ini bisa memaksimalkan naiknya pertumbuhan masyarakat yang tertular Covid-19, ” pungkasnya.

(aky)