JAKARTA – Polda Metro Jaya siap mengamankan laku demonstrasi yang akan dilakukan bagian buruh dan mahasiswa di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Sentral, pada Kamis (16/7/2020) hari tersebut.

Sebagaimana diketahui, rencananya elemen mahasiswa, serikat buruh, hingga organisasi masyarakat sipil lainnya hendak menggelar aksi unjuk rasa yang menuntut pencabutan RUU HIP serta menolak RUU Omnibus Law Ciptaker.

“Memang benar ya surat pemberitahuannya sudah merembes ke PMJ, kesiapan anggota buat mengamankan kita akan siap, ” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan.

Baca Juga: Ada Demo dalam DPR, Berikut Daftar Jalan dengan Dialihkan

Namun, Yusri tidak menjelaskan berapa jumlah personel yang diterjunkan untuk mengamankan jalannya kesibukan unjuk rasa tersebut. “Kepolisian jadi mengamankan dan kita siap melindungi, ” tuturnya.

Dia mengimbau kepada massa aksi untuk tetap memerhatikan protokol kesehatan pada tengah pandemi virus corona.

“Kita ketahui bersama saat ini masih pandemi Covid-19, ya aturan protokol kesehatan harus tentu dijalankan, ” tandasnya.

Sebelumnya, Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK) NKRI menyatakan akan menunaikan demonstrasi di Gedung MPR/DPR, Jakarta hari ini. Aliansi itu diklaim beranggotakan 174 organisasi masyarakat (Ormas).

Baca Juga: Wakili Presiden Jokowi, Hari Ini Mahfud MD ke DPR Sampaikan Penundaan RUU HIP

Selain itu, elemen buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dan Aliansi Badan Manajer Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) juga ikut menggelar demo pada Gedung MPR/DPR untuk menuntut biar DPR menghentikan pembahasan RUU Ciptaker.

(Ari)

Loading…