JAKARTA – Petugas Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menggelar gladi bersih upacara peringatan HUT RI ke-75 di Istana Negara, Jakarta. Gladi bersih digelar untuk memastikan upacara detik-detik proklamasi yang akan digelar pada Seni (17/8/2020) berlangsung dengan lancar.

Gladi bersih yang digelar pada Sabtu pagi (15/8/2020) diikuti peserta dalam jumlah terbatas guna mencegah penyebaran virus corona. Upacara juga dilakukan dengan menaati pedoman jarak sosial dan penggunaan masker untuk mencegah penularan virus.

Meski tidak ambil bagian, Presiden dan Wakil Presiden RI turut hadir dalam upacara dalam gladi bersih ini. Sejumlah pejabat yang bertugas membacakan teks proklamasi, teks pembukaan undang-undang dasar (UUD) 1945, dan teks Pancasila juga terlihat hadir.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, jumlah petugas Paskibraka yang biasanya berjumlah 68 orang, pada upacara tahun ini hanya akan beranggotakan delapan orang saja.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman meminta seluruh elemen bangsa Indonesia untuk sejenak menghentikan kegiatan pada peringatan detik-detik proklamasi yang akan berlangsung dilakukan secara virtual pada 17 Agustus 2020, tepat pada pukul 10.17 WIB.

“Perayaan kemerdekaan Indonesia ke-75 akan menjadi penyatuan, kekompakan dan ikatan sosial seluruh elemen bangsa. Pemerintah dan rakyat bersatu dalam gerakan kebangsaan menjadikan krisis pandemi Covid-19 sebagai momentum transformasi menyeluruh bangsa Indonesia,” ujarnya.

(dka)

Loading…