JAKARTA – Temuan obat Covid-19 yang diumumkan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya juga kerja sama dengan Badan Intelijan Negara (BIN) dan TNI menuai pujian sekaligus polemik di masyarakat karena metode penelitiannya dipertanyakan.

Buat itu, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyarankan dilakukan uji publik terhadap obat tersebut guna menghilangkan polemik masyarakat. Karena bagaimanapun, berbagai upaya penemuan obat maupun vaksin penting dilakukan dalam membinasakan mata rantai Covid-19.

“Ya, sebenarnya kami monitor juga bahwa memang ada semangat dan polemik di masyarakat. Tetapi, memang segala macam upaya yang ditempuh untuk mendapatkan vaksin serta obat itu memang harus dilakukan, ” kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Terlebih, Dasco melihat pihak yang menghasilkan obat ini bukan lembaga dengan tidak kredibel karena ada institusi akademis seperti Unair, TNI serta ada BIN. Karena itu, kudu ada upaya untuk mengakhiri polemik berkepanjangan di masyarakat.

“Kami sarankan memang ada nanti semacam uji pengimbang agar apa yang akan kemudian dicapai dengan vaksin ini mampu tercapai tanpa memiliki polemik bertambah banyak lagi di masyarakat, ” ujarnya.

Loading…