NEW DELHI – Seorang wanita warga Prancis ditangkap di India karena membuat video telanjang dirinya di jembatan suci di Kota Rishikeh, utara India. Video yang diambil di jembatan Lakshman Jhula itu diunggah di media sosial.

Wanita itu menghadapi dakwaan di bawah undang-undang internet India, dan bisa dijatuhi hukuman hingga tiga tahun penjara jika terbukti bersalah, demikian dilaporkan kantor berita AFP.

BACA JUGA: Video Seorang Wanita Mengamuk dan Bugil di Tengah Jalan Jadi Viral

Jembatan gantung yang berada di atas sungai Gangga itu adalah situs suci dan tempat populer bagi wisatawan.

Wanita tersebut, yang telah dibebaskan dengan jaminan, mengatakan kepada polisi bahwa video tersebut dibuat untuk mempromosikan bisnis perhiasannya.

“Mungkin di Prancis hal-hal ini tidak dianggap keberatan. Tapi Rishikesh adalah tempat suci dan Lakshman Jhula adalah tempat (dewa Hindu) Ram, saudaranya Lakshman dan istrinya Sita menyeberangi Sungai Gangga,” kata RK Saklani, kepala kantor polisi di mana wanita itu dibawa, sebagaimana dilansir AFP.

Wanita, yang belum diidentifikasi secara resmi itu, ditangkap pada Kamis (27/8/2020) setelah polisi diberitahu tentang rekaman tersebut.

BACA JUGA: Heboh Video Wanita Telanjang Dada Berjalan di Mall

“Selama interogasi, dia mengakui merekam video dengan telanjang tetapi dia mengklaim tidak tahu bahwa itu ilegal di India. Dia mengatakan video dan pemotretan itu dimaksudkan untuk mempromosikan bisnis kalung manik-maniknya,” kata pejabat polisi lainnya yang dikutip surat kabar Hindustan Times.

Kasus ini bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk diproses.

(dka)