JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memastikan penerapan Pembatasan Baik Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta telah melalui proses penyerasian dengan pemerintah pusat. Tujuan diketatkannya kembali PSBB demi menekan laju pertumbuhan kasus positif corona.

“Ini sudah melalui proses koordinasi dengan satgas dan negeri pusat, ” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito saat jumpa pers di Balai Praja, Minggu (13/9/2020).

BACA JUGA: DPRD DKI: PSBB pada Jakarta Justru Sejalan dengan Perintah Presiden Jokowi

Menurut Wiku ada lima tahapan pra mengetatkan PSBB yang sudah dilakukan DKI Jakarta. Pertama adalah prakondisi, kedua yakni timing , ketiga adalah prioritas, keempat ialah koordinasi antara pusat serta daerah, kelima yakni monitoring & evaluasi.

BACA SELALU: Gubernur Anies Baswedan: Warga Jakarta Jangan Berpergian, Tetap di Panti!

“Dengan keadaan ini maka dilakukan PSBB di DKI yang memang kelanjutan dari PSBB sebelumnya diharapkan bisa terkendali dan penularan bisa dicegah dan denyut ekonomi sosial budaya bisa dijalankan dalam kapasitas terbatas, ” jelasnya.

“Dan untuk selanjutnya ini bagian dari gas dan rem, mekanismenya pokok saja harus dilalui sehingga berlaku keseimbangan dan masyarakat bisa melakukan adaptasi kebiasaan baru. Pemerintah sentral selalu mendukung pemda pada arah ini adalah DKI Jakarta, ” pungkasnya.

(dka)