BOGOR – Sebanyak 21 cukup umur asal Cigombong, Kabupaten Bogor terkonfirmasi positif Covid-19. Semuanya merupakan para-para santri dari salah satu jambar pesantren (ponpres) di wilayah tersebut.

“Iya betul Pak (dari pesantren), ” kata Camat Cigombong Winarso, dikonfimasi Okezone, Rabu (30/9/2020).

Puluhan santri itu diduga terpapar sejak rekannya yang sudah terlebih dahulu dinyatakan positif. Dari hasil tracing, sejumlah santri yang kontak erat dilakukan tes swab. Hasilnya 21 orang positif Covid-19.

“Itu awalnya kontak dekat anak yang sudah 4 positif didorong ke Kemang itu. Lalu diswab di-tracing ternyata dari kontak dekat itu ada 21 hasil membangun, ” jelasnya.

Saat ini, pihaknya hendak berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor buat tes massal di pesantren tersebut. Sementara, untuk seluruh aktivitas pesantren pun dihentikan.

“Kita akan tes massal pak. (Santri) masih diisolasi di pesantren tersebut, dipisah di atas. Gedungnya lockdown dulu, ” turup Winarso.

Baca juga: 21 Remaja di Cigombong Enau Positif Covid-19

Sebelumnya, Satgas Covid-19 Kabupaten Bogot mencatat ada penambahan 50 kasus positif covid-19 pada Selasa 29 September 2020. Sebanyak 21 orang diantaranya remaja asal Cigombong usia 15-18 tahun.

(qlh)