ENAU – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menyuarakan, ada dua jenis vaksin Covid-19 yang nantinya akan digunakan di Indonesia, yakni vaksin yang diimpor 100 persen dari luar jati dan vaksin yang sedang berproses uji klinis oleh Biofarma dalam Bandung, Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan Ridwan Kamil, usai membuka Musyawarah Daerah XIV Gerakan Pramuka Jawa Barat dalam Bogor Raya Lakeside, Kota Enau, Rabu 7 Oktober 2020.

“Yang diimpor tepat menurut Pemerintah Pusat akan datang di bulan depan, fokus untuk tenaga kesehatan. Kalau yang diproduksi dalam negeri sedang dalam cara tes ketiga, seperti yang saya lakukan (jadi relawan vaksin). Anyar Desember nanti keputusan berhasil ataupun tidaknya, ” kata pria dengan akrab disapa Emil.

Baca juga: Positif Covid-19, Kadis Pertanian Kota Probolinggo Meninggal Negeri

Emil mengapresiasi semua kerja keras pemerintah daerah, khususnya di Kota Bogor dalam jalan penanganan Covid-19. “Setiap ada daerah merah, dukungan dari Jawa Barat berlipat-lipat. Dua Minggu lalu Cirebon merah, sekarang tidak karena resources, SDM kita gempur ke sana, ini juga sama, ” ujarnya.