KULONPROGO – Satreskrim Polres Kulonprogo berhasil mengungkap peristiwa pencurian panel listrik di rencana pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA). Para pelaku menyamar sebagai pekerja dengan menggunakan helm dan sepatu proyek dan rompi pekerja.

Kasus pencurian panel listrik Air Circuit Breaker (ACB) ini dilakukan tujuh karakter pada Juli 2019. Tiga orang pelaku berhasil diamankan, Re (50) warga Jakarta Barat, Har (40) warga Jakarta Utara dan GANDAR (32) Sumatera Selatan. Sementara 4 pelaku lainnya, yaitu Im (40) dam Ya warga Bogor, serta Ar (30) dan SL (30) warga Pemalang, Jawa Tengah; sedang buron.

“Tiga berhasil kami amankan dan empat masih buron, ” cakap Wakapolres Kulonprogo Kompol Sudarmawan, Senin (12/10/2020).

Para karakter ini awalnya bertemu di SPBU yang ada di Temon kemudian merencanakan pencurian. Untuk memuluskan aksinya, mereka masuk ke lokasi proyek menggunakan mobil dengan menggunakan alat pelindung diri (PAD) seperti baju luar pekerja, helm, dan sepatu order.

Sejenis masuk di gedung Mezzanine, mereka berbagi peran. Ada yang mengeksekusi, mengawasi lokasi, dan berjaga. Kawanan pencuri ini menggondol delapan ACB kemudian dimasukkan ke mobil. Barang curian ini kemudian dijual Rp10, 5 juta dari harga lazim mencapai Rp624 juta.

“Uang hasil penjualan kemudian dibagi kepada para pelaku, ” logat Sudarmawan.