JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengucapkan, bahwa kegiatan penyampaian pendapat secara terbuka terkait Undang-Undang (UU) Membikin Kerja (Ciptaker) masih terus bersambung. Dia mengatakan, bahwa hal tersebut berpotensi menjadi klaster baru transmisi covid-19.

“Dengan total massa yang cukup banyak, maka upaya penyampaian aspirasi ini mempunyai potensi untuk tumbuh menjadi klaster baru covid-19, ” kata Resi, Selasa (20/10/2020).

Baca juga:

Satgas Covid-19 Minta Car Free Day dan Perayaan Keyakinan di Luar Ruangan Ditiadakan

Ini Perintah Satgas Covid-19 bagi Masyarakat masa Libur Panjang

Dia mengatakan, bahwa pemerintah melakukan sebanyak pemeriksaan terhadap para demonstran sebelumnya. Dimana ada yang terkonfirmasi covid-19. Namun dia tidak menyebut jumlahnya secara spesifik.

“Sesuai dengan yang disampaikan sebelumnya, penjagaan terhadap peserta aksi pada kira-kira pekan lalu telah menemukan sejumlah peserta positif covid-19, ” ujarnya.

Menurutnya, penularan mampu kembali terjadi pada demonstrasi berikutnya. Dia pun mengatakan, Satgas menyayangkan adanya klaster baru covid-19.

“Penularan ini tentunya berpotensi untuk terjadi kembali pada kegiatan penyampaian aspirasi selanjutnya. Satgas betul sayangkan adanya klaster-klaster baru penularan covid-19, ” ungkapnya.

Apalagi saat tersebut angka covid di Indonesia sudah cukup tinggi. Di saat yang sama garda terdepan seperti dokter & perawat hingga kini masih berjalan tak kenal lelah.

“Kita harus ingat, covid tak hanya berpotensi menular, namun juga berpotensi menelan korban jiwa. Hirau Covid-19 mematikan dan jangan dianggap enteng, ” pungkasnya.

(wal)