JAKARTA kepala Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) pada waktu dekat akan menyerahkan tanda calon Kapolri pengganti Idham Azis kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Nama calon Kapolri hendak diberikan sebelum anggota DPR jadi melakukan reses tanggal 10 Januari 2020.

“Dalam waktu dekat baru akan menyampaikan pada Presiden, ” kata Juru cakap Kompolnas Poengky Indarti saat dihubungi MNC Media melalui pesan singkat, Sabtu (2/1/2020).

Poengky membantah adanya fakta yang menyatakan bahwa saat tersebut nama Kapolri sudah ada dikantong Jokowi. Dia menyebut saat itu pihaknya masih melakukan penyaringan. “Menyaring orang-orang berdasarkan kriteria-kriteria untuk maka calon Kapolri itu standartnya utama, ” jelasnya.

Poengky menyebut penyerahan nama calon Kapolri dilakukan sebelum selesai masa reses pad tanggal 10 Januari. Hal itu bertujuan agar nantinya kepala memberikan kejutan kepada anggota DPR setelah selesai masa reses.

“Itu surprise baru dikirim Presiden setelah zaman reses, ” jelasnya.

Baca Juga: Kepala Wanita Muda Dihantam Gitar Gara-Gara Jaga Adiknya

Sebagaimana diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis memasuki masa pensiun pada satu Februari 2021. Hingga kini hidup sejumlah kandidat calon Kapolri pengganti Idham, di antaranya Komjen Gatot Eddy Pramono yang sekarang menjabat Wakapolri.

Lalu muncul juga nama Komjen Boy Rafli Amar yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan Komjen Agus Andrianto yang kini menjabat sebagai Kabarhakam Polri.

(aky)