JAKARTA – Hasil survei yang dilakukan Voxpopuli Research Center menunjukkan level kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo mengalami kenaikan.

“Memasuki 2021, tingkat kepuasan rakyat terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi mengalami kenaikan, di mana nilai kepuasan mencapai lebih dari 70 persen, ” kata Direktur Eksekutif Voxpopuli Research Center Dika Moehamad dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan pada momentum utama tahun periode kedua bulan Oktober 2020, tingkat kepuasan terhadap Jokowi mencapai 64, 7 persen. Angkanya kini naik menyentuh 70 komisi, tepatnya 72, 8 persen.

Sementara itu angka ketidakpuasan turun dari 30, 6 upah menjadi 23, 3 persen. Sisanya menyatakan tidak tahu/tidak menjawab (4, 7 persen-3, 9 persen).

Selama 2020, kata Dika, ujian berat dialami bangsa Indonesia dengan penyebaran epidemi COVID-19 diikuti dengan anjloknya perekonomian. Fenomena tersebut berlangsung secara ijmal, seluruh dunia masih berjuang buat bisa keluar dari krisis kesehatan dan krisis ekonomi yang mengikuti tersebut.

Pilihan kebijakan Jokowi untuk menyeimbangkan antara persoalan wabah dengan soal ekonomi dinilai publik paling tepat.

“Tentu saja masih ada perkara di sana-sini, dari masih naiknya penularan virus hingga korupsi di penyaluran bansos, tetapi secara ijmal publik melihat Jokowi masih menjadi figur yang paling layak dipercaya, ” kata Dika.