JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur lantaran Bulan Dana PMI DKI Jakarta Tahun 2020 ini melampaui tumpuan dengan angka Rp29, 9 miliar. Jumlah tersebut meningkat secara signifikan dari hasil Bulan Dana PMI Tahun 2019 lalu yakni sejumlah Rp26, 9 miliar.

Anies mengatakan, pengumpulan Bulan Uang PMI 2020 hanya ditargetkan sejumlah Rp21 miliar lantaran masih berlangsungnya pandemi Covid-19 di Ibu Tanah air.

“Kita bersyukur mengakhiri Bulan Dana dengan capaian yang melampaui target. Ini menjadi sebuah ikhtiar membantu sesama dengan menemukan dukungan amat luas dari masyarakat Jakarta, ” ujar Anies dalam keterangannya, Kamis (21/1/2021).

Mantan Mendikbud itu menyebut bahwa hasil yang melampaui bahan tersebut merupakan bentuk nyata sejak solidaritas antarmasyarakat yang semakin meningkat pada masa pandemi seperti sekarang. Padahal, perekonomian di DKI Jakarta juga sedang mengalami kontraksi dengan luar biasa.

“Hasil ini seperti menakar diri tunggal, Bulan Dana ini menakar tingkat solidaritas sosial masyarakat. dan Alhamdulillah Jakarta lulus. Bayangkan, ekonomi DKI telah mengalami kontraksi luar piawai selama pandemi, tetapi itu tidak berdampak pada solidaritas sosial masyarakatnya, bahkan solidaritas ini makin menyusun, ” ujar dia.

Anies juga berpesan agar dana yang terkumpul digunakan sebaik-baiknya kembali kepada warga Jakarta. Terlebih, lanjut dia, PMI DKI Jakarta terus aktif melakukan terobosan dalam upaya penanggulangan dampak dari Covid-19 di Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta juga membakar sistem transaksi donasi Bulan Sokongan PMI secara nontunai sehingga masyarakat yang ingin berdonasi melakukan pembalasan menggunakan scan to pay praktik JakOne Mobile maupun aplikasi dengan telah bergabung dalam jaringan QRIS pada QR Code yang ada.

“Pembayaran donasi klub kepada PMI DKI Jakarta pula dapat dibayarkan melalui menu transfer pada JakOne Mobile. Kedua bentuk pembayaran ini melengkapi pilihan derma pada ATM Bank DKI di dalam saat menyelesaikan transaksi, ” perkataan Sekretaris Bank DKI, Herry Djufraini.