SEMARANG semrawut Provinsi Jawa Tengah menerima bunga vaksin Covid-19 Sinovac sebesar 248. 600 dosis, yang diperuntukkan bagi 122. 617 tenaga kesehatan (nakes). Pencanangan vaksinasi serentak di 31 kabupaten dan kota, dalam Senin 25 Januari 2021.

“Sudah terkirim ke kabupaten kota, diharapkan sudah selesai segenap. Tinggal beberapa kabupaten atau kota, tapi harapannya diselesaikan pada keadaan ini, “ujar Kepala Dinas Kesehatan tubuh Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo, Minggu (24/1/2021).

Menurutnya, vaksin yang akhirnya datang merupakan termin kedua dari tahap satu vaksinasi Covid-19 buat nakes. Tambahan vaksin datang dalam Sabtu 23 Januari, kemudian didistribusikan ke kabupaten atau kota dengan belum menerima vaksin Covid-19.

Baca Juga: Langgar Prokes, 6 Kafe di Kawasan Galaxy Bekasi Disegel

Dia menambahkan, berdasarkan surat edaran dari Sekda Provinsi Jawa Tengah, pada Senin akan dikerjakan pencanangan vaksinasi. Yang pertama kali disuntik adalah Forkopimda dan arsitek masyarakat di daerah. Setelahnya, hangat penyuntikan vaksin bagi para nakes.

“Maksimal 10 orang untuk divaksin pertama kali yaitu, bupati atau wali kota, ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kajari, Kadinkes, tokoh agama, tokoh kesehatan dan tokoh masyarakat. Setelah tokoh-tokoh itu, dilanjutkan dengan nakes di wilayah masing-masing, pada hari Senin 25 Januari, ” jelas Yuli.

Pada pencanangan vaksinasi spontan akan diikuti 31 kabupaten dan kota. Sementara untuk Kabupaten Wonogiri, akan melakukan vaksinasi awal pada Selasa 26 Januari. Sementara, Tanah air Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Surakarta telah mencanangkan vaksinasi pada termin pertama tahap satu, 14 Januari.

Baca Serupa: Perpanjang PSBB Transisi, Anies Ingin Perkuat Satgas Covid-19 Tingkat RW

(Ari)