TANGERANG SELATAN – Jajaran Polres Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar tes urine bagi seluruh personelnya. Berdasarkan data yang ada, jumlah personel secara keseluruhan mencapai sekira 1. 050 orang.

Tes urine itu digelar secara bertahap. Pada Rabu (24/2/21), pengecekan menyasar sebanyak 150 personrl dari seluruh satuan. Seluruhnya dinyatakan negatif mengonsumsi zat adiktif atau narkoba.

“Tadi kita tes semuanya, tadi yang kita perbuat pengecekan itu sekira 150 en este momento. Hasilnya negatif semua. Kita ambil sampel-sampel. Pelaksanaannya juga kita mematuhi Prokes, jadi tidak berkumpul keseluruhan, ” kata Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanuddin, kepada Okezone.

Menurut Iman, pelaksanaan tersebut rutin dilakukan sesuai arahan Kapolri. Diperkirakan, tes urine bagi personil jajaran di lingkup Polres Tangsel baru selesai setelah beberapa hari ke depan.

“Iya betul, sampai beberapa hari ke depan. Intinya sampai semua personel selesai diperiksa, ” katanya.

Dia membantah jika pemeriksaan itu adalah atensi khusus sesudah mencuatnya kasus penyalahgunaan narkoba dengan Kapolsek Astana Anyar Kompol Yuni Purwanti.

“Enggak juga. Kan ini sudah jadi rutinitas, ” ucapnya.

Kepada anggotanya, Iman memastikan akan memberi tindakan tegas kepada siapapun anggotanya yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

“Jangan sekali-kali memanfaatkan narkoba. Siapapun yang terlibat, bukan ada kompromi karena sudah kebijakan dari pimpinan paling atas, ” katanya.

Baca Juga: 57 Awak Bid Propam Polda Sulut Mendadak Dites Narkoba, Ini Hasilnya

Namun demikian, Kapolres tak menampik jika pada pemeriksaan periode lalu terdapat awak yang terbukti mengonsumsi narkoba. “Kan kayak kemarin ada yang lalu-lalu itu, mungkin ada yang terkena, tetap kita melakukan tindakan hukumnya, ” tuturnya.

Baca Juga: Polda Jambi Gelar Tes Urine, 7 Anggota Polisi Positif Narkoba

(erh)