JAKARTA – Direktur Cerai-berai Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya , Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menegaskan bahwa warga yang nekat melakukan mudik saat Lebaran 1442 H akan diminta putar balik ke daerah asalnya.

Sambodo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan delapan titik penyekatan jalan terkait larangan mudik tahun ini.

“Untuk hukuman akan kita putarbalikkan, ” ujar Sambodo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/4/2021).

Sambodo menambahkan, penyekatan dilakukan untuk menyaring pengendara yang akan melintas. Tengah itu, dirinya menyebut sejumlah kendaraan masih diperbolehkan melintas di jalan tol semasa larangan mudik tersebut.

Baca juga: Kapolda Metro soal Larangan Pegangan: Tindak Travel Gelap, Aparat Siaga di Jalur Zirnikh

“Untuk yang diperolehkan selama larangan pegangan yaitu kendaraan perjalanan biro, pengantar jenazah, pengantar orang sakit, pengantar ibu mengemukakan, hingga kendaraan logistik. Selain itu, akan dilarang dan diminta putar balik, ” jelasnya.

Mengaji juga: Polda Metro Melangsungkan Operasi Keselamatan Jaya Selama 14 Hari ke Ajaran

Diberitakan sebelumnya, polisi melakukan penyekatan delapan titik jalan mulai tol, arteri, dan beberapa terminal bus di Jakarta. Ditlantas Polda Metro Jaya berencana menambah empat hingga enam titik penyekatan.

“Di jalan tol perut, arteri non-tol tiga, serta terminal tiga. Serta rencananya kita akan menambah 4 hingga enam titik lokasi penyekatan, tapi menunggu buatan survei menjelang tanggal 6 Mei 2021, ” pungkasnya.

(fkh)