JAKARTA Kementerian Kesehatan (Kemenkes) secara khusus melayani konversi tiga Rumah Rendah yakni Rumah Sakit Ijmal Pusat Fatmawati, Rumah Melempem Umum Pusat persahabatan, serta Rumah Sakit Penyakit infeksi (RSPI) Prof Dr Sulianti Saroso yang diubah menjadi rumah sakit yang khusus menangani pasien Covid-19 .

Juru Bicara Kementerian Kesehatan tubuh (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan konversi ini dikerjakan karena keterisian tempat terbaring untuk isolasi di Jakarta sudah mencapai 90%. & kasus Covid-19 terus merasai peningkatan.

“Kita tahu berdasarkan hasil dari pemantauan Kementerian Kesehatan per tanggal 23 Juni kasus Covid-19 yang dilaporkan konfirmasi positif itu ada 15. 308 kasus, ” kata Nadia pada Konferensi Pers Penunjukan Rumah Sakit Khusus Covid-19, Kamis (24/6/2021).

Baca serupa: Kasus Melonjak, Pemerintah Tunjuk 3 Rumah Sakit Khusus Pasien Covid-19

“Untuk hal-hal tersebut kita juga melihat total kapasitas keterisian dari tempat tidur Covid-19 ini di Indonesia sebenarnya sudah terjadi pengembangan ya, ” papar Nadia.

Nadia mengutarakan tiga RS dibawah Kemenkes tersebut kemudian ditunjuk khusus untuk perawatan Covid-19. “Melihat kondisi kapasitas keterisian tempat perawatannya yang cukup agung tersebut, terutama di daerah Jakarta dan sekitarnya, oleh karena itu kemudian Kementerian Kesehatan mengambil kebijakan untuk kemudian menunjuk 3 Rumah Sakit lurus yang berada langsung dibawah kewenangan Kementerian Kesehatan untuk dikhususkan sebagai rumah rendah yang melayani kasus Covid-19. ”

Membaca juga: Kasus Covid-19 Menggila, Kemenkes Terbitkan Ketentuan Terbaru Isolasi Sendiri