MINNEAPOLIS – Bekas Wakil Presiden Amerika Konsorsium (AS) Walter Mondale telah meninggal di Minneapolis di dalam Senin (19/4/2021) dalam piawai 93 tahun, keluarganya mencanangkan.

Mondale merupakan pasangan Jimmy Carter untuk memenangkan pencalonan presiden 1976 dan kekalahan empat tarikh kemudian. Carter mengatakan tempat menganggap Mondale sebagai “wakil presiden terbaik dalam cerita negara kita (AS)”.

BACA SELALU: AS Peringatkan Maskapai Perdata Terbang Dekat Perbatasan Ukraina-Rusia

Dia tergelincir telak dari Ronald Reagan dalam pemilihan presiden 1984, hanya mengamankan Negara Arah asalnya di Minnesota dan Washington DC. Minnesota memberi Mondale 13 suara elektoral dibandingkan dengan rekor sempurna Presiden Reagan 525.

Mondale juga dikenang karena memilih Geraldine Ferraro dari New York sebagai pasangannya – wanita prima yang mendapat tiket presiden dari partai besar.

Dalam sebuah pernyataan, Carter mengatakan dia ialah “mitra yang tak ternilai dan pelayan yang beleter bagi rakyat Minnesota, Amerika Serikat dan dunia”.

“Rosalynn dan kami bergabung dengan semua orang Amerika dalam mengucap syukur atas kehidupan teladannya, dan kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarganya, ” tambahnya.

Tengah itu, Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden mengatakan dalam suatu pernyataan bahwa mereka “dapat menyebut salah satu patriot dan pegawai negeri kita yang paling berdedikasi sebagai teman dan mentor dengan baik”.

BACA JUGA: Jimmy Carter Memeluk Pimpinan Hamas

“Jill dan saya mempunyai kesempatan untuk berbicara secara Fritz dan keluarganya selama akhir pekan, untuk merenungkan tahun-tahun persahabatan yang ana bagi, dan seberapa banyak kami belajar dari serta bersandar pada satu setara lain, ” demikian disampaikan dalam pernyataan itu sebagaimana dilansir Reuters .

Puak Mondale sebelumnya mengatakan di sebuah pernyataan: “Dengan kegetiran yang mendalam kami berbagi berita bahwa ayah tercinta kami meninggal”. Keluarganya menganjurkan penghormatan atas prestasinya di bidang perumahan, hak-hak sipil, dan kebijakan lingkungan.

Mereka mengatakan rancangan untuk memorial di Minnesota dan Washington DC akan diumumkan kemudian.

(dka)