THAILAND – Suatu distrik di utara Thailand meluncurkan undian berhadiah bagi warga yang telah divaksin Covid-19 untuk mendapatkan seekor sapi setiap minggunya maka akhir tahun ini, jadi upaya untuk mendorong putaran vaksinasi lokal.

Mulai bulan depan, mulia orang yang beruntung dalam distrik Mae Chaem pada Provinsi Chiang Mai bakal dipilih secara acak tiap minggu untuk memenangkan seekor sapi muda senilai 10. 000 baht atau kira-kira Rp4, 5 juta.

Kampanye, yang direncanakan berlangsung 24 minggu, mendapat antusiasme tinggi dalam kota berpenduduk 43 ribu jiwa itu sejak diumumkan awal pekan ini.

“Jumlah pendaftar vaksinasi meningkat dari ratusan ke ribuan hanya dalam hitungan hari, ” kata besar distrik Boonlue Thamtharanurak kepada Reuters.

“Warga desa sangat suka lembu karena sapi dapat dijual kembali, ” lanjutnya.

(Baca serupa: Sekjen PBB Sambut Gencatan Senjata Gaza)

Boonlue mengatakan bertambah dari 4. 000 karakter dari kelompok prioritas, termasuk lansia berusia lebih sejak 60 tahun dan itu dengan kondisi khusus, telah terdaftar untuk divaksin.

Kota itu bakal memulai vaksinasi pada tujuh Juni mendatang, bertepatan secara peluncuran gerakan vaksinasi nasional dari pemerintah.

Provinsi-provinsi lain di Thailand juga membuat kampanye kaya serupa untuk mendorong warganya mendaftar vaksinasi. Seperti pemberian kalung emas, kupon segmen harga, atau uang tunai.

Sejauh tersebut, sedikitnya 1, 64 juta penduduk dari total 66 juta populasi di Thailand telah menerima vaksinasi periode pertama dan lebih sejak 7 juta lainnya telah mendaftarkan diri.

(Baca juga: Ditembak 5 Kali, Pembelot Korut Berhasil Melarikan Diri ke Korsel)

Thailand menghadapi wabah virus Corona terbesar, dengan 119. 585 kasus dan 703 kematian dalam dua bulan terakhir.

(sst)